Implementasi Data Mining : Penghitungan Tingkat Kepopuleran

Masih segar diingatan kita di pemilihan presiden 2014 kemarin, dimana kedua kubu benar-benar bersaing untuk memperebutkan kursi pemimpin nomor wahid di Indonesia. Tim sukses kedua calon bersama-sama dengan para relawan beramai-ramai mempromosikan pemimpin idola mereka, secara terus menerus tanpa kenal lelah, 24 x 7. Hal itu membuat saya terpikir, apakah efektif ? Untuk apa mempromosikan sebuah produk A, jika subjek target promosi sudah menjadi pelanggan tetap produk B ?

Untuk menghindari hal tersebut, hal yang harus dilakukan adalah mengetahui target promosi kita. Apakah sudah memiliki pilihan yang tetap, atauu apakah ada kemungkinan berubah. Dengan begitu, “promosi” bisa menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. Karena tidak semua orang ingin dijejali dengan hal yang sama terus menerus, padahal pilihannya sudah jatuh ke lain hati.

Cara mengetahui pilihan target bisa dengan 2 jalan, menanyai secara langsung (which I consider it’s kind of creepy) atau mengetahui apa yang sedang dipikirkan target promosi. Mengetahui isi kepala dari seseorang hanya bisa dilakukan dengan melakukan “ramalan”, atau mengetahui segala sesuatu yang di postnya secara online. Mengapa postingan di internet ? Karena pada faktanya, pada zaman sekarang, apa yang dipikirkan oleh seseorang akan langsung di post di akun sosial media pribadi mereka masing-masing. Jika kita bisa menggali segala aktivitas internet, seperti postingan facebook, tweet, dan sebagainya, maka kita bisa saja menggambarkan preferensi seseorang. Apakah seseorang akan memilih sesuatu atau tidak. Apakah dia sudah memiliki pilihan yang tetap atau belum.

Aplikasi seperti ini tidak hanya bisa diterapkan di bidang politik, namun juga di bidang pemasaran. Daripada repot-repot memasarkan barang kepada target yang secara jelas tidak akan sudi untuk mempertimbangkan membeli, mengapa tidak langsung menawarkan kepada orang yang sudah pasti akan membeli.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s