“Mengunjungi” tempat bersejarah dengan teknologi

Kegiatan berkunjung tempat bersejarah sebenarnya adalah hal yang menyenangkan, untuk beberapa kalangan yang mempunyai keingintahuan tentang nilai sejarah. Belajar hal-hal baru, melihat replika kejadian yang ada, dan bisa merasakan atmosfer peristiwa berharga adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dan dirasakan saat mengunjungi tempat bersejarah. Kegiatan mengunjungi tempat bersejarah jelas butuh waktu yang lowong, mengenal tempat bersejarah tidak tersebar dimana saja seperti jejeran mall yang ada di berbagai kota besar. Namun bagaimana dengan orang-orang yang tidak mempunyai waktu senggang ?

Sebuah implementasi dari teknologi virtual reality bisa sedikit membantu. Yang hanya dibutuhkan adalah penggambaran kembali keadaan yang sama seperti tempat bersejarah yang diinginkan. Atau jika sebuah device virtual reality terlalu mahal, bisa saja hal yang sama diimplementasikan, namun di unggah ke halaman internet. Learning history never been this fun.

Beberapa prasangka negatif pasti akan bermunculan, seperti “mengurangi nilai sejarah” atau “mengurangi esensi dari belajar”. Tapi bukankah lebih baik ada daripada tidak sama sekali?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s