Implementasi Teknologi : Kecerdasan Buatan untuk Ujian

Jika di post sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana Watson bisa mempelajari internet, membuat sebuah kesimpulan, dan kemudian menarik kesimpulan dari presentasi kemungkinan jawaban terbesar, maka ada kemungkinan teknologi tersebut dikembangkan lebih lanjut di dunia pendidikan.

Fungsi Watson yang menjawab pertanyaan, bisa dibalik menjadi membuat pertanyaan. Sebuah fakta (atau dalam hal ini topik bahasan) menjadi bahan input, kemudian komputer akan membuat dan/atau mencari sejumlah pertanyaan dengan topik yang terkait. Selain teknologi mempermudah para pembuat soal untuk menghemat waktu membuat soal, variasi soal pun bisa bermacam-macam, mengingat kreativitas guru yang seringkali terbatas dalam membuat soal ujian.

Kecerdasan buatan seperti Watson bisa dikembangkan untuk hal-hal yang luar biasa. Sayangnya banyak produser film Hollywood kerap menanggapi dengan tanggapan negatif, menggambarkan kecerdasan buatan mengambil alih dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s